Musim Hujan Telah Tiba: Rawat Motor Setelah Terabas Hujan

Halo Sob… minggu lalu sempat viral video banjir di daerah Jakarta Pusat, dimana hujan dengan intensitas sedang dan dalam durasi yang tidak begitu lama..namun sudah membuat jalanan banjir, bahkan ketinggiannya sampai setengah bodi motor, sob. Untuk perawatan motor kalian setelah nerabas banjir maupun ‘genangan air’, ada beberapa tips n trick supaya tunggangan kalian tetap Ok meski sudah masuk musim penghujan seperti sekarang ini. Apa saja itu? cekidot sob…

  1. Mencuci Motor
    undefined
    Segeralah cuci motor kalian sob setelah melibas hujan, kenapa hal ini perlu dilakukan? karena hujan mengandung zat asam yang cukup tinggi, dan jika didiamkan maka air hujan yang menempel tersebut bisa merusak cat hingga terlihat pudar (timbul bercak-bercak) dan pada bagian besi/ logam juga bisa lebih cepat karatan. Cuci seluruh bodi motor dan juga bagian-bagian penting lainnya.
  2. Menambah tekanan angin
    undefined
    Menerabas genangan air di musim hujan sudah menjadi hal yang lumrah, terlebih jika sering melewati kontur jalanan yang bergelombang bahkan berlubang. Untuk itu, ada baiknya memeriksa tekanan angin pada ban. Jika tarikan terasa berat, biasanya tekanan angin pada ban kurang. Hal ini membuat usia ban menjadi cepat tipis dan gundul, Inilah yang mengurangi daya cengkeram ban di aspal. So, untuk itu segera isi angin agar tak bahaya ketika melintasi genangan air hujan ya sob.
  3. Cek ketegangan rantai
    undefined
    Sifat air hujan yang asam bisa menimbulkan karat pada rantai motor. Terlebih jika tidak ada penutup rantai. Segera bersihkan dengan air, atau perlu diberi zat additif seperti penghilang karat dan pembersih kotoran pada rantai, dan jika kendor segera kencangkan kembali, sob.
  4. Cek kampas rem
    undefined
    Kampas rem terbuat dari asbes, jika terkena air, kampas akan menggelembung dan mengeras ketika kering. Nah, pas habis selesai nyuci motor ada baiknya menginjak pedal rem, supaya kampas rem cepat kering. Hal ini untuk menghindari pengerasan saat pedal rem diinjak dan rem tak berdecit. Untuk rem cakram, yang perlu dilakukan hanya cukup membersihkan kotoran atau noda air yang menempel pada piringan cakram.
  5. Cek kondisi busi/ pengapian
    undefined
    Busi merupakan jantung dari sebuah motor, sob. Usai mencuci motor, buka karet penutup besi untuk melihat apakah kemasukan air atau tidak. Jika basah, keringkan busi dengan kain. Agar proses pengapian kembali lancar, ada baiknya busi juga dibersihkan ya sob.
  6. Membersihkan saringan udara/ filter
    undefined
    Saringan udara juga menjadi salah satu komponen yang bisa ditilik. Usai menerabas hujan dan motor dicuci, pastikan bahwa saringan udaranya kering. Jika basah, maka pembakaran di ruang mesin bisa terganggu. Jika kejadiannya seperti itu, maka keringan dulu ya sob filter udaranya.
  7. Cek knalpot

    Jika motor menerabas genangan air yang cukup tinggi, maka akan ada kotoran bahkan air yang ikut masuk ke dalam knalpot. Jika air yang masuk cukup banyak, segera cek oli motor di bengkel terdekat agar mengetahui apakah air masuk ke ruang pembakaran, karena bisa berpeluang merusak mesin, Bila mesin kemasukan air, segera ganti oli dengan yang baru.

Nah, segitu dulu tips dan trick untuk perawatan sepeda motor saat musim hujan seperti saat ini ya sob. Kalau ada yang kurang, silakan tambahkan di kolom komentar ya. Terimakasih. Semoga berguna.

10 respons untuk ‘Musim Hujan Telah Tiba: Rawat Motor Setelah Terabas Hujan

Add yours

  1. – menurut ane angin ban bukan cuma ditambah tapi disesuaikan, karena kalau terlalu keras, resiko tergelincir pada aspal basah semakin besar. dikarenakan patch ban yang menyentuh aspal semakin kecil
    – pengapian juga diperiksa pada bagian kabel busi, kalau bocor, pengapian akan bocor dan nyala busa akan hilang, mesin mogok

    Suka

  2. Kalau saya habis kehujanan sampai dirumah abis bersih-bersih badan, pasti langsung semprot motor sekedar bilas, tujuannya untuk merontokan kotoran dan air hujan yang nempel. Intinya jangan dibiarkan sampai 24 jam, bilas aja cukup kalau gak sempet yuci

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: