Jangan Pernah Menyiram dengan Air Saat Piringan Cakram Masih Panas

Halo sobat BM, banyak sepeda motor yang kini sudah memakai piranti rem cakram, baik di roda depan maupun roda belakang. Sebabnya adalah jenis rem ini dianggap lebih unggul dan pakem ketimbang rem tromol.

Rem cakram bisa memberikan pengereman yang lebih maksimal. Selain itu rem cakram juga lebih cepat dingin, sehingga lebih efisien jika dipergunakan dalam jangka waktu yang lama ataupun menempuh perjalanan jauh.

Rem cakram ditempatkan di depan karena tumpuan sepeda motor bisasanya lebih besar di bagian depan. Tetapi posisi rem cakram yang berada di luar rentan kemasukan debu dan kotoran, sob. Debu ataupun kotoran yang menempel pada rem cakram, lama kelamaan bisa merusak cakram. Maka daripada itu, para pemilik sepeda motor harus rutin melakukan perawatan, jangan malas dan menunda-nunda.

Dan satu hal yang penting juga nih sob, yaitu jangan pernah menyiram dengan air saat rem cakram masih dalam kondisi panas. Akibatnya, rem cakram sepeda motor bisa rusak. Kalau namanya dah rusak pasti tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya sob.

Rem cakram yang masih panas memang bisa menurunkan performa rem itu sendiri, maka saat dalam kondisi panas tersebut lebih baik tunggu dingin terlebih dulu, baru kemudian bersihkan dengan air bersih.

Penggunaan rem cakram juga perlu diperhatikan. Apalagi saat sepeda motor dipakai melintasi jalanan yang menurun. Kondisi jalan itu akan membuat rem cakram bekerja lebih ekstra dan lebih cepat panas. Cakram yang panas, bisa menurunkan daya cengkeram rem. Jadi, bijak saja menggunakan rem, kalau sekiranya sudah menempuh jarak yang jauh, ya mending istirahat dulu sob. Ok sob semoga mencerahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: