Hanya Dengan Rp 10 Ribu, Gredeg di Honda PCX Sirna



Hai sobat BM, masih ingat kan perihal ribuan petisi (recall) mengenai keluhan konsumen Honda PCX yang lagi hype saat ini? Salah satu yang menarik adalah (Honda Vario BM juga mengalami hal serupa) gejala gredeg-gredeg disko sob. Berbagai cara ditempuh dan lakukan oleh para owner PCX (lokal) agar gredek tersebut hilang.

Ada yang sekedar hanya membersihkan kampas kopling CVT, kemudian gejala gredeg tersebut bisa hilang meski sesaat, lalu tidak lama muncul lagi. Ada juga yang sampai komplain ke bengkel resmi AHASS, yang kemudian diganti satu set pulli belakang CVT-nya.

cara memperbaiki karet rumah kopling yang aus

Nah…yang menarik adalah ada satu cara yang terbilang ekonomis alias murah meriah sob. Ada satu member dari grup Honda PCX 150 2018 yang bernama Damien Cikalem, menurut doi nih sob, katanya cukup ganti karet dumper kopling ganda PCX menggunakan yang ada boss besinya, dijamin deh gredegnya hilang aka sirna. Komponen ini sering juga disebut sebagai karet damper kopling.

Fungsinya adalah untuk menjaga hentakan kampas kopling ketika membuka dan menutup. Lalu jika karet ini rusak, tanda-tandanya adalah ada bunyi seperti besi beradu ketika akselerasi atau deselerasi.

Pemasangan karet damper kopling ini juga bisa diaplikasikan ke Vario 125 dan 150 lho sob, karena pada dasarnya mesin vario dan PCX basic-nya sama. Ketika karet ini rusak, bentuk karet tidak bulat sepenuhnya dan karet juga mengeras.

Lalu yang menjadi masalah adalah, karet ini sulit ditemui di pasaran nih sob. Tapi katanya, bisa juga menggunakan part dari karet damper dari Honda Grand. Untuk menggantinya, pastinya dengan cara membongkar keseluruhan CVT dan buka mur kampas kopling. Karet tersebut berada di dalam kampas kopling dan berjumlah tiga pcs.

Saat diukur dengan jangka sorong (sigmat), diameter karet kopling bawaan PCX sama dengan milik Honda Grand, yaitu 10,56 mm. Jadi bisa langsung plek alias PNP. Posisi pemasangannya, karet kopling Grand yang ada tulisannya di posisi atas.

Part berkode 22804-GB4-000 tersebut dijual Rp 10 ribuan lho sob, itu sudah untuk ketiganya. Selain murah, banyak yang merasakan bahwa getaran yang ditimbulkan ketika motor pada RPM rendah (waktu mau mulai jalan) menjadi berkurang.

Tentu hasilnya akan optimal dan lebih baik jika saat dibongkar, dilakukan juga pembersihan pada part lainnya. Jangan lupa pula berikan gemuk (grease) di bagian pin guide agar tidak kering, seret dan menjaga part tersebut dari gesekan yang berlebih.

Gimana sobat BM? bagi pengguna Honda PCX, silakan merapat ke dealer atau bengkel terdekat yang menjual part tersebut. Lalu rasakan, gredeg di PCX kalian pasti akan berkurang atau bahkan sirna. Ok sob, semoga bermanfaat.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: