Lebih Bagus Monoshock atau Dualshock?

Salah satu komponen vital untuk menunjang kenyamanan berkendara ialah shockbreaker atau suspensi, lads. Part ini berfungsi meredam getaran ketika motor melibas jalan tidak rata atau bergelombang.

maxresdefault.jpg

Selain itu, suspensi juga mempengaruhi performa motor tergantung pada tingkat rigidity atau kekakuannya. Pasalnya, hal itu juga berdampak pada traksi ban.

Kini, suspensi belakang telah memiliki dua jenis, yaitu monoshock (single suspension) dan dualshock (twin suspension). Lantas, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Dualshock ini kerap dijumpai pada sepeda motor bebek dan beberapa motor sport lawas serta skutik. Dengan menggunakan dua titik tumpu, jenis ini lebih kuat ketika digunakan untuk mengangkut beban berat.

dual-shock-suspension

Selain itu, tekanan pada sasis pun terbagi dua sehingga rangka bisa lebih ringan dan membutuhkan biaya produksi yang tak terlalu besar. Karena itulah, motor dengan dualshock dijual lebih murah.

Namun, karena memiliki dua titik tumpu, motor dengan dualshock terbilang kurang nyaman ketika diajak bermanuver. Pasalnya, beratnya hanya didistribusikan ke salah satu sisi suspensi.

Honda-CB750-Monoshock-1

Sedangkan monoshock justru stabil ketika bermanuver dan melaju dalam kecepatan tinggi karena bebannya hanya bertumpu di satu titik. Selain itu, biasanya single suspension lebih aku sehingga traksi menjadi lebih baik.

Meski demikian, motor dengan monoshock tidak disarankan untuk mengangkut beban berat. Selain itu, kualitas sasis yang lebih baik akhirnya meningkatkan harga jual motor.

Mana yang lebih baik? Tergantung pada kebutuhan lads. Kalau hanya digunakan untuk harian dan budget terbatas, dualshock bisa menjadi pilihan. Namun, jika doyan dengan kecepatan tinggi dan bermanuver, monoshock bisa dibilang yang paling baik. Semoga berguna.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: