Efek yang Diakibatkan Pada Motor Jika Membawa Beban Berlebih

Siang lads, happy Monday… jangan katakan ‘i hate monday’ yaa…biar menjadi berkah buat diri sendiri dan orang lain.hehehe… Karena bentar lagi lebaran, dan seperti yang kita ketahui bahwa, akan banyak orang mudik menggunakan motor, dan biasanya membawa banyak banget barang bawaan, sehingga pastinya muatan tersebut berlebih (melebihi kemampuan menahan beban yang sewajarnya), maka saya tergugah (cie bahasanya) untuk sedikit membahas efek apa saja yang diakibatkan jika membawa beban berlebih. Cekidot lads…

11

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan, beban maksimal pada setiap jenis sepeda motor berbeda-beda. Untuk jenis skuter matik, punya angka beban maksimal terkecil ketimbang motor bebek dan sport. “Kalau untuk beban itu tergantung dari model motor, skuter matik mungkin dengan pembonceng itu sekitar 120 kilogram (kg). Sedangkan untuk bebek dan sport bisa lebih tinggi”.

mudikmotor1234567-553x300.jpg

Selain itu, beliau menegaskan bahwa selain bahaya buat pengendara, beban berat yang dibawa juga dapat membuat kinerja mesin terganggu. Karena mesin harus bekerja keras untuk dapat melajukan roda. “Lalu (efeknya) ke roda, pengereman, bensin sudah pasti lebih boros, shockbreaker. Kalau roda, itu bicara soal bearing dan ban,” tuturnya lagi.

Untuk meminimalisir kondisi demikian, dia pun menganjurkan agar para pemudik dengan sepeda motor tak membawa barang berlebih. Selain demi keselamatan, juga baik demi usia sepeda motor.

Tolong diperhatikan himbauan tersebut ya lads, hati-hati di jalan dan ikuti rambu-rambu yang ada. Salam satu aspal. Semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: