Penyebab Motor Oleng

Pagi lads… Happy Sunday… Pagi ini agak berkabut, karena semalem habis ujan. Nah lads, saya mau bahas perihal yang mungkin sering dialami oleh banyak biker termasuk saya, hehehe.. yaitu motor oleng. Ada yang belum pernah mengalami??

Motor yang terasa oleng, memang jadi masalah yang dirasakan sejuta umat, lads… Jangan dianggap enteng lho, karena masalah yang timbul bukan hanya masalah ketidaknyamanan. Motor yang oleng pun dapat berakibat fatal !

Permasalahan motor oleng pasti juga ada sebabnya. Biasanya, motor oleng terjadi karena seringnya berkendara di trek yang rusak atau bergelombang. Beban kejut yang berulang juga dapat menjadi pemicu motor oleng. Hal-hal itu membuat berbagai macam komponen menjadi bermasalah. Maka, timbullah oleng. Komponen apa saja yang dimaksud? Yang pasti, komponen-komponen tersebut erat kaitannya dengan roda… Cekidot lads…

Velg

Ternyata, velg merupakan salah satu komponen yang mungkin bermasalah, ketika lads merasakan oleng pada motor. Untuk mendeteksi apakah velg motor bermasalah, sehingga mengakibatkan oleng, gunakan alat bantu seperti sebatang besi, obeng atau benda sejenis. Dekatkan besi atau obeng sampai hampir menyentuh velg. Setelah itu, gerakkan roda ke depan atau belakang. Jika besi atau obeng menyentuh velg motor anda, maka dapat dipastikan velg dalam keadaan sudah tidak presisi. Solusinya? Tak perlu khawatir…cukup melakukan setel velg. Cukup banyak spesialis setel velg. Harganya pun cukup terjangkau kok lads…

Laher roda

Laher roda atau yang lebih dikenal dengan sebutan laker, adalah penyebab paling sering dari motor oleng. Untuk penyebab yang satu ini, indikasinya cukup mudah terlihat. Jika ban motor tidak kempis dan baut roda sudah kencang tetapi motor masih goyang, maka dapat dipastikan laher adalah sumber keolengan motor anda. Lads juga bisa mendeteksi kerusakan laher dengan menggoyangkan roda ke kiri atau ke kanan dan ke arah depan dan belakang pada posisi standar ganda. Jika laher rusak, maka saat digerakkan akan terasa ada yang bergoyang dengan mengeluarkan bunyi.

Ban

Motor oleng ternyata juga dapat disebabkan karena ban yang tidak presisi. Lads juga harus memperhatikan, apakah ada kerusakan-kerusakan pada ban seperti robek atau bolong. Keadaan tersebut pastinya membuat perjalanan terasa oleng. Selain itu, lihat juga rotasi ban. Jika rotasi terbalik, ban akan cepat aus dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman. Untuk memperbaiki masalah yang satu ini, kempiskan ban terlebih dulu lalu kemudian pasang dengan posisi yang presisi.

Itu tadi beberapa komponen yang “rajin” menimbulkan masalah keolengan pada motor. Perawatan berkala yang teratur, pastinya akan membantu lads terhindar dari masalah-masalah kerusakan motor.

Semoga berguna….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: