Sejarah dari Bendera Finish

Siang lads…isih do kuat poso kan ya..hehe… di sela-sela istirahat siang saya mau berbagi sedikit perihal sejarah penggunaan bendera ‘kotak-kotak hitam-putih’ yang digunakan dalam dunia balap.

Namun, tahukah lads bahwa pada mulanya bendera itu tidak digunakan untuk balapan?Bendera bermotif kotak-kotak dengan kombinasi warna hitam putih bernama chequered flag. Kalau belum tahu, ayo simak sejarahnya… cekidot…

Asal mula bendera finish banyak diungkapkan dalam beberapa teori, jadi  belum bisa ditentukan kepastiannya.

Ada teori yang menyebutkan bahwa awal mula penggunaan bendera kotak-kotak hitam putih, yaitu pada awal abad ke-19, saat perlombaan sepeda di Prancis.

161010172811-mercedes-hamilton-rosberg-italy-super-169

Ada pula yang mengungkapkan bahwa awal mula adalah pada Vanderbilt Cup Race yang diadakan di Long Island, New York pada 1906.

Namun, teori yang paling banyak dipakai awal mula penggunaan bendera kotak-kotak hitam putih di perlombaan balap kuda di Midwest, Amerika. Saat itu salah satu daerah di bagian barat Midwest menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap kuda. Lalu untuk membuat para peserta lomba dan penonton merasa nyaman, para warga yang terdiri dari sekumpulan para wanita menyediakan makanan untuk menjamu tamu balapan.

article-2457436-18B636CA00000578-967_634x391

Ketika perlombaan balap kuda akan berakhir, para perempuan memberi sinyal dengan melambai-lambaikan taplak meja bercorak kotak-kotak hitam putih. Sebagai tanda masakan telah siap dan pertandingan sudah akan usai. Sehingga, para tamu bisa langsung mendatangi tempat makan untuk bersantap.

Hal tersebut terus dilakukan hingga kini meski saat ini makanan sudah tidak lagi disiapkan.

Nah, walaupun belum pasti, bendera finish ternyata awalnya bertujuan untuk menjamu para pembalap dengan makanan, bukan untuk menentukan pemenang dalam balapan motor atau F1 lads. Semoga berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: