Pengaruh Ukuran Swing Arm di MotoGP

Pagi lads, semoga kabarnya baik semuanya. Kali ini saya mau bahas sedikit perihal pengaruh ukuran swing arm di MotoGP, mengingat nanti di akhir pekan ada gelaran MotoGP di Sirkuit Mugello Italia.

Seperti lads ketahui bahwa di MotoGP, setiap komponen memiliki perhitungan sangat mendetail supaya menghasilkan performa maksimal.

292530_0

 

Salah satunya adalah perhitungan panjang wheelbase atau jarak sumbu roda motor. Panjang wheelbase salah satunya ditentukan oleh panjang lengan ayun alias swing arm.

Wheelbase salah satunya memengaruhi kelincahan motor, tapi juga ada pengaruh lain, yaitu panjang swing arm mempengaruhi kinerja ban, lads. Kemampuan swing arm diuji pada saat motor MotoGP melaju di tikungan.

Pengaturan wheelbase ini juga memengaruhi temperatur ban, grip, handling, dan feel. Wheelbase yang lebih panjang akan membuat swing arm lebih fleksibel. Dampaknya deformasi atau kerusakan permukaan ban akan berkurang dan juga dapat menyerap getaran di permukaan yang tak rata/ bergelombang.

Sedangakan wheelbase yang lebih pendek membuat swing arm kurang fleksibel. Dampaknya membuat deformasi ban lebih banyak. Tetapi wheelbase lebih pendek membuat feeling pada ban lebih terasa.

Jadi, ukuran panjang atau pendeknya swing arm, jelas mempunyai perbedaan pengaruh  yang signifikan lads, semua hal pasti sudah diperhitungkan sedemikian detail, jadi kesemuanya itu dapat menunjang performa optimal dari satu paket motor tersebut. Semoga berguna.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: