Bahaya Menggunakan Cairan Antibocor Untuk Ban Tubeless

Sunday morning… Piye kabare lads? Pagi-pagi disambut dengan hujan rintik-rintik. Lads, kali ini saya mau membahas perihal gagal paham kita terhadap cairan antibocor buat ban tubeless. Pasti rata-rata ban motornya sudah tubeless kan lads?

Beberapa kali ganti ban di salah satu gerai ban terkemuka di tanah air, inisialnya PB.. pasti tau dong ya.. hehe.. rata-rata dari pegawainya selalu menawarkan cairan antibocor tersebut lads, dengan iming-iming bannya lebih awet karena paku dan benda tajam sejenis lainnya tidak akan bisa tembus, alhasil ban kita lebih aman, awet, dan hati tenang… Meski saya pernah menggunakan cairan tersebut, tapi tahukah bahwa cairan tersebut tidak sepenuhnya bekerja dengan baik dan ada efek sampingnya?

Nah, jadi gini lads: cairan antibocor tersebut sesungguhnya justru akan menyumbat pentil motor, dan jika pentil sudah tersumbat, maka kita musti mengganti pentil ban tersebut lads, karena nggak bisa terisi angin. Hal tersebut justru memakan waktu lebih lama dibandingkan menambal ban yang bocor.

Lalu..kalau suatu saat tekanan angin pada ban berkurang dan harus diisi angin, karena cairan tersebut menyumbat pentil ban, maka nggak bisa diisi angin, walhasil kita harus beli pentil baru lagi lads.

Ada juga yang share ke saya perihal efek dari menggunakan cairan antibocor tersebut, di antaranya velg motornya jadi karatan, hal itu diketahui setelah si pemilik motor mau ganti ban, dan didapati velgnya pada karatan. Kalau hal itu bisa jadi pakai cairan yang kurang mempunyai kualitas yang baik atau memang ada faktor yang lainnya.

Ok lads, sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: